Assalamu'alaikum..
Selamat malam..
Pada
malam hari ini saya akan sedikit berbagi tutorial cara membuat meja kayu
beserta lantainya menggunakan software 3ds Max. Penasaran bagaimana caranya??
berikut tutorialnya..
1.
Buka software 3ds Max anda..
.
2.
Pada View Top atau
sudut pandang dari atas buatlah kotak dengan klik Box.
4.
Ubah Box menjadi Editable
Poly dengan cara menyeleksi obyek kemudian klik kanan pada obyek yang telah
diseleksi lalu pilih Convert To: - Convert to Editable Poly.
5.
Selanjutnya potong dengan Swift
Loop untuk membuat kaki meja.
6.
Ubah View Top menjadi
View Bottom atau sudut pandang dari atas.
7.
Kemudian klik Polygon
untuk menyeleksi bagian yang akan dibuat kaki meja.
8.
Selanjutnya klik Polygon
– Extrude untuk memanjangkan kaki meja.
9.
Ubah sudut pandang menjadi
pojok atas.. .
10.Kemudian tarik bagian yang telah anda seleksi tadi menjadi seperti gambar
dibawah.
11.
Ubah sudut pandang dari
samping.. .
12.Angkat meja keatas sumbu x agar ketika diberi lantai meja berada di atas lantai dengan klik Select and Move
tool. Tapi jangan lupa sebelumnya seluruh bagian meja anda seleksi terlebih
dahulu.
13.Selanjutnya ubah
mode pandangan dari Wireframe menjadi Smooth + Highlights.
Nah, sekarang terlihat berwarna kan.. bukan lagi garis2 seperti kerangka
ato tengkorak lagi kan??
Biar mejanya lebih terlihat nyata disini saya buat mejanya seperti meja
kayu.. .
1.
Pertama klik Material
Editor.
2.
Seperti gambar dibawah klik
kotak disamping kanan warna pada Difuse.
3.
Setelah muncul jendela Material/Map
Browser pilih Wood.
4.
Klik Show Standard Map in
Viewport agar pengeditan material yang kita lakukan langsung terlihat pada
viewport. Nah mejanya terlihat seperti meja kayu kan?? .. .
5.
Untuk melihat hasilnya klik Rendering
– Render. Bila hasil dari material belum sesuai anda bisa bermain angka
pada Offset, Tiling, Angle, Grain Thickness.. atau
warna kayunya bisa diubah dengan klik pada warna yang tertera.
6.
Selanjutnya kita beri
lantainya.. . disini kita akan membuat lantai dengan Plane. Kemudian
buatlah lantai sebagai contoh gambar di bawah... .
7.
Kemudian kita membuat lantai
bermotif ubin dengan cara klik Material Editor, lalu pilih material yang
belum kita gunakan.. .
8.
Masih sama seperti tadi.. .
Klik pada kotak kosong samping Diffuse kemudian pilih Tiles.
9.
Klik Show Standard Map in
Viewport.. . masih sama seperti tadi, mainkan materialnya.. .
10.Selesai.
No comments:
Post a Comment