Assalamu'alaikum warahmatullah.. Selamat pagi.. Kali ini saya bakal sedikit membagikan materi Algoritma Pemrograman tingkat uawal.. Berikut ini penjelasannya..
Apa itu tentang algoritma..?
Algoritma merupakan
serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas
untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
a. Algoritma adalah inti dari ilmu
komputer
b. Algoritma adalah urutan-urutan dari
instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
c. Algoritma adalah blueprint dari
program
d. Sebaiknya disusun sebelum membuat
program
e. Kriteria suatu algoritma:
· Ada input dan output
· Efektifitas dan efisien
· Terstruktur
Ciri Penting Algoritma
a.
Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
b.
Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti dua
(ambiguitas).
c.
Algoritma memiliki nol atau lebih masukan.
d.
Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
e.
Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat
dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
Bentuk
Penulisan Algoritma
Penulisan
ide-ide konsep dasar menjadi sebuah program untuk bisa diketahui dan dievaluasi
oleh banyak orang, hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara/model penulisan
algoritma :
1.
Human Language
Kelebihan : mudah dipahami oleh berbagai kalangan.
Kelemahan : programmer (komputer) akan sulit
menerjemahkan karena program ditulis dengan bahasa manusia. sehingga tidak bisa
dipahami komputer atau elektronik sekalipun.
2.
Flowchart / diagram
alir / bagan alir.
Kelebihan : memakai bahasa program, relatif
bisa dipahami oleh manusia.
Kekurangan : jika programnya
komplek maka pembacaannya juga lebih sulit, hanya bisa dipahami oleh
programmer, apabila programnya besar, akan memakai flowchart yang banyak.
3.
Psuedo Code (kode
semu)
Kelebihan : mudah diterjemahkan komputer
Kekurangan : sulit dimengerti oleh orang awam.
Bagian-bagian
Pseudocode:
a.
Header
b.
Deklaration
c.
Deskription
Flowcharting
Merupakan
pemahaman diagram itu sendiri. Karena merupakan hal yang fundamental dengan
mengetahui arti simbol-simbolnya. Dalam prosesnya ada 3 macam, yaitu :
1.
Flowcharting Squence (Urutan)
Merupakan
urutan langkah-langkah yang harus dilakukan. Contoh: menghitung luas lingkaran.
2.
Flowcharting Selection
Merupakan
bagian dari proses yang menyatakan YA bagaimana prosesnya, dan TIDAK bagaimana
prosesnya. Contoh: belanja berhadiah, menghitung tahwilussanah.
3.
Looping /
Repetation (Pengulangan)
Jikalau
syarat atau salah satu inputnya tidak terpenuhi, atau belum lengkap atau salah,
maka diperlukan proses looping.
Contoh Algoritma dalam
Kehidupan Sehari-hari
Tabel 1.1 Contoh Algoritma dalam
Kehidupan Sehari-hari
No
|
Proses
|
Algoritma
|
Contoh Langkah dalam Algoritma
|
1.
|
Membuat kue
|
Resep kue
|
Masukkan telur ke dalam wajan kemudian kocok sampai
mengembang.
|
2.
|
Membuat pakaian
|
Pola pakaian
|
Gunting kain dari pinggir kiri bawah ke arah kanan
sejauh 5 cm.
|
3.
|
Kegiatan sehari-hari
|
Jadwal harian
|
Pukul 05.30: mandi pagi
Pukul 06.15: berangkat kuliah
|
4.
|
Mengisi voucher HP
|
Panduan mengisi
|
Tekan 888 kemudian masukkan nomor voucher.
|
Apa yang dimaksud dengan logika..?
Logika berasal dari
bahasaYunani yaitu logos yang berarti kata, ucapan, atau alasan. Logika
adalah metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan penalaran.
Logika mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang benar dan penalaran kesimpulan
yang absah.
Contoh logika sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
1. Bumi itu bulat
2. Air adalah benda cair
3. Kabupaten kediri berada di propinsi
Jawa Timur
4. 2 adalah bilangan prima
Bahasa
program..?? what is it??
Bahasa program adalah
instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyaifungsi tertentu.
Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan
semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini
memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang
akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan
jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Bahasa program berfungsi
untuk memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang
kita inginkan. Keluaran dari bahasa program berupa program atau aplikasi.
Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan dan
penggunaan lampu lalu lintas.
Bahasa pemrograman dapat
digolongkan atas dua kelompok besar :
1. Bahasa pemrograman bertujuan khusus.
Yang termasuk kelompok
bahasa bertujuan khusus adalah Cobol (untuk terapan bisnis dan
administrasi). Fortran (terapan komputasi ilmiah), bahasa rakitan
(terapan pemrograman mesin), Prolog (terapan kecerdasan buatan),
bahasa-bahasa simulasi, dan sebagainya.
2. Bahasa pemrograman bertujuan umum
Merupakan bahasa yang
dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Yang termasuk kelompok ini adalah
bahasa Pascal, Basic dan C. Tentu saja pembagian ini tidak
kaku. Bahasa bertujuan khusus tidak berarti tidak bisa digunakan untuk aplikasi
lain. Cobol misalnya, dapat juga digunakan untuk terapan ilmiah, hanya
saja kemampuannya terbatas. Yang jelas, bahasa pemrograman yang berbeda
dikembangkan untuk bermacam-macam terapan yang berbeda pula.
Berdasarkan pada apakah
notasi bahasa pemrograman lebih “dekat” ke mesin atau ke bahasa manusia, maka
bahasa pemrograman dikelompokkan atas dua macam :
1. Bahasa tingkat rendah.
Bahasa jenis ini dirancang
agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui
penerjemah (translator). Contohnya adalah bahasa mesin. CPU mengambil
instruksi dari memori, langsung mengerti dan langsung mengerjakan operasinya.
Bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, orientasinya lebih
dekat ke mesin, dan sulit dipahami manusia. Sedangkan bahasa rakitan dimasukkan
ke dalam kelompok ini karena alasan notasi yang dipakai dalam bahasa ini lebih
dekat ke mesin, meskipun untuk melaksanakan instruksinya masih perlu
penerjemahan ke dalam bahasa mesin.
2. Bahasa tingkat tinggi
Merupakan bahasa yang
membuat pemrograman lebih mudah dipahami, lebih “manusiawi”, dan berorientasi
ke bahasa manusia (bahasa Inggris). Hanya saja, program dalam bahasa tingkat
tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Ia perlu diterjemahkan
terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut kompilator atau
compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU. Contoh
bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, PL/I, Ada, Cobol, Basic, Fortran, C, C++,
dan sebagainya.
Bahasa pemrograman menurut
tingkat kedekatannya dengan mesin komputer bahasa program terdiri dari:
1. Bahasa Mesin
Bahasa Mesin berfungsi
memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya
01100101100110.
2. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa Tingkat Rendah atau
dikenal dengan istilah bahasa rakitan (Assembly), yaitu memberikan
perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (code mnemonic),
contohnya [kode_mesin|MOV], SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah
Bahasa Tingkat Menengah,
yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa
manusia dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<,
>>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa Tingkat Tinggi
merupakan bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata
bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer
dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
b. Apa itu pemrograman..?
Pemrograman merupakan
proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Dalam hal ini Bahasa Pemrograman
merupakan prosedur atau tata cara penulisan program. Sedangkan program adalah
kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi
satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah
yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pemrograman sehingga dapat
dieksekusi oleh komputer.
Contoh bahasa dasar untuk
pemrograman
1. C atau C++
2. C#
3. Pascal
4. Basic
5. Perl
6. PHP
7.
ASP
8.
JHP
9.
Java
10. Assembly
11. Ada
12. Cobol
13. Fortran
14. Clipper
15. Pascal
16. Visual Basic
Hubungan antara
algoritma dan pemrograman?
Sebelum menjelaskan
hubungan antara algoritma dan pemrograman saya lebih dulu menjelaskan
pengertian dari algoritma dan pemrograman.
Algoritma merupakan
serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas
untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Sedangkan Pemrograman
merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu
masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Jadi dari sini dapat
disimpulkan hubungan antara algoritma dan pemrograman adalah pemrograman
merupakan proses mengimplementasikan algoritma yang telah dibuat. Singkat kata,
algoritma merupakan pondasi dalam pengimplementasian pemrograman. Atau Algoritma
diumpamakan sebagai nyawa dari program tersebut sedang program adalah bahasa
dari algoritma. Kualitas program sangat berpengaruh terhadap kualitas
algoritma. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat
program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya.
Contoh sederhana
Misalkan dalam pembuatan
sebuah animasi. Animasi tidak akan berjalan tanpa adanya script yang
terdiri dari rumus-rumus menurut aturan dalam bahasa program. Dalam hal ini
animasi berkedudukan sebagai program sedang script berkedudukan sebagai
algoritma.
Sekian dulu ya penjelasannya.. Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir :)
No comments:
Post a Comment