A. Pengertian Bidang
Ilmu
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Bidang adalah permukaan yang tentu
batasnya”.
Menurut Minto Rahayu, “Ilmu adalah penggetahuan yang telah disusun secara
sistematis dan berlaku umum”.
Menurut Muhammad Izuddin Taufiq,
“Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian,
dan eksperimen dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar, ataupun asal -
usulnya”.
B. Pengertian
Interaksi Manusia dan Komputer
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Interaksi adalah hal saling melakukan
aksi, berhubungan, ataupun mempengaruhi”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Manusia adalah makhluk yang berakal
budi, mampu menguasai makhluk lain”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Komputer adalah alat elektronik
otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang
diintruksikan”.
Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia
dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan
tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
C. Bidang Ilmu yang Berperan dalan Interaksi Manusia dan
Komputer
Tujuan utama disusunnya IMK atau
disebut juga dengan Human Computer Interaction (HCI) yaitu untuk mempermudah
manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Maka dari itu para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk membuat design interface ini dibutuhkan bidang ilmu lain yang bersangkutan dengan IMK, diantaranya :
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Maka dari itu para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk membuat design interface ini dibutuhkan bidang ilmu lain yang bersangkutan dengan IMK, diantaranya :
1. Artificial
Intelligence
(Kecerdasan Buatan)
Artificial Intelligence didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Mempunyai
peran untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir
manusia.
2. Sociology (Sosiologi)
Kata Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan,
sedangkan Logos berarti Ilmu pengetahuan.
Sosiologi itu sendiri memiliki arti yaitu ilmu pengetahuan tentang
masyarakat. Dalam kaiatannya dengan IMK sosiologi berhubungan dengan pengaruh
sistem komputer dalam struktur sosial konteks dari suatu interaksi.
3. Multimedia
Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Multimedia
merupakan sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer bagaimana
suatu tampilan interaksi menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti oleh user.
4. Organizational Psycology (Psikologi Organisasi)
Dalam kaitannya dengan IMK psikologi organisasi berguna memeriksa dan
mamahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan konteks dari individu,
kelompok dan tingkat organisasi. Dengan adanya keterkaitan ini, maka IMK dapat
sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat
dan cepat berubah.
5. Ergonomics (Ergonomi)
Ergonomi merupakan ilmu yang membahas
mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :
bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi
duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
6. Anthropology (Antropologi)
Antropologi adalah salah satu cabang
ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia
– komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada,
antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas
seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain,
kelompok penulis, dan lain-lain.
7. Mathematics (Matematika)
Hubungan
matematika dengan interaksi manusia dan komputer adalah suatu contoh pembuatan software
haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa
dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan
matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang.
Jika software menggunakan aspek matematika secara efisien maka software
tersebut dapat digunakan secara maksimal dengan pengguna dan menghasilkan hasil
yang optimal.
8. Software
Engineering
(Rekayasa Perangkat Lunak)
Dalam kaitannya dengan IMK software engineering berguna untuk
menciptakan suatu program yang efektif, efisien, user friendly sehingga
mampu menghasilkan suatu mesin atau sistem yang sesuai keinginan user.
9. Computational
Linguistic (Bahasa
Komputasi)
Dalam kaitannya dengan IMK bahasa komputasi berperan sebagai bahasa yang
dapat dimengerti oleh user, sehingga lebih mudah dalam menggunakan
sistem dan tidak terjadi kesalahan.
10. Cognitive
Psicology
(Psikologi Kognitif)
Psikologi Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang
dikonsentrasikan untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif
mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar,
mengingat dan berpikir tentang suatu informasi, keahlian mengontrol motorik,
dan mengajukan model proses kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang
bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia).
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja
objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
1 comment:
10 Classic Earrings With Dips and Shave - TITIAN ART
10 citizen promaster titanium Classic Earrings With titanium alloy Dips 2019 ford ecosport titanium and Shave. 10 Classic Earrings titanium powder With Dips and Shave 10 Classic Earrings With Dips and Shave 10 Classic Earrings With apple watch titanium vs aluminum Dips and Shave 10 Classic Earrings With
Post a Comment