Monday, September 28, 2015

Bidang Ilmu yang Berperan dalan Interaksi Manusia dan Komputer



A.  Pengertian Bidang Ilmu
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Bidang adalah permukaan yang tentu batasnya”.
Menurut Minto Rahayu, “Ilmu adalah penggetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum”.
Menurut Muhammad  Izuddin Taufiq, “Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian, dan eksperimen dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar, ataupun asal - usulnya”.
B.  Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Interaksi adalah hal saling melakukan aksi, berhubungan, ataupun mempengaruhi”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Manusia adalah makhluk yang berakal budi, mampu menguasai makhluk lain”.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diintruksikan”.
Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
C.  Bidang Ilmu yang Berperan dalan Interaksi Manusia dan Komputer
Tujuan utama disusunnya IMK atau disebut juga dengan Human Computer Interaction (HCI) yaitu untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Maka dari itu para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk membuat design interface ini dibutuhkan bidang ilmu lain yang bersangkutan dengan IMK, diantaranya :
1.    Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Artificial Intelligence didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
2.    Sociology (Sosiologi)
Kata Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, sedangkan Logos berarti Ilmu pengetahuan.  Sosiologi itu sendiri memiliki arti yaitu ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Dalam kaiatannya dengan IMK sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial konteks dari suatu interaksi.
3.    Multimedia
Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Multimedia merupakan sarana dialog yang efektif antara manusia dengan komputer bagaimana suatu tampilan interaksi menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti oleh user.
4.    Organizational Psycology (Psikologi Organisasi)
Dalam kaitannya dengan IMK psikologi organisasi berguna memeriksa dan mamahami masalah organisasi dari berbagai perspektif dan konteks dari individu, kelompok dan tingkat organisasi. Dengan adanya keterkaitan ini, maka IMK dapat sukses dalam pasar kerja yang beragam juga persaingan bisnis yang semakin ketat dan cepat berubah.
5.    Ergonomics (Ergonomi)
Ergonomi merupakan ilmu yang membahas mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
6.    Anthropology (Antropologi)
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
7.    Mathematics (Matematika)
Hubungan  matematika dengan interaksi manusia dan komputer  adalah suatu contoh pembuatan software haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang. Jika software menggunakan aspek matematika secara efisien maka software tersebut dapat digunakan secara maksimal dengan pengguna dan menghasilkan hasil yang optimal.
8.    Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
Dalam kaitannya dengan IMK software engineering berguna untuk menciptakan suatu program yang efektif, efisien, user friendly sehingga mampu menghasilkan suatu mesin atau sistem yang sesuai keinginan user.
9.    Computational Linguistic (Bahasa Komputasi)
Dalam kaitannya dengan IMK bahasa komputasi berperan sebagai bahasa yang dapat dimengerti oleh user, sehingga lebih mudah dalam menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalahan.
10.     Cognitive Psicology (Psikologi Kognitif)
Psikologi Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang dikonsentrasikan untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi, keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia). Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.

1 comment:

weetamoejaenicke said...

10 Classic Earrings With Dips and Shave - TITIAN ART
10 citizen promaster titanium Classic Earrings With titanium alloy Dips 2019 ford ecosport titanium and Shave. 10 Classic Earrings titanium powder With Dips and Shave 10 Classic Earrings With Dips and Shave 10 Classic Earrings With apple watch titanium vs aluminum Dips and Shave 10 Classic Earrings With